Senin tanggal 09 April 2018 bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Panyabungan dilaksanakan Deklarasi Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) yang dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Panyabungan Drs. Abdul Hamid Lubis, M.H. yang diikuti oleh hakim dan seluruh pegawai dan Pramubhakti Pengadilan Agama Panyabungan.

Menurut ketua PA Panyabungan bahwa diikrarkannya SAPM ini adalah dalam rangka untuk membina komitmen seluruh pegawai PA Panyabungan agar dapat bekerja yang optimal, melaksanakan administrasi kepaniteraan dan kesekretariatan yang sesuai dengan standard yang diatur dalam SAPM, tidak mesti targetnya harus mendapatkan sertifikasi. Kalau komitmen bersama sudah kuat untuk menciptakan administrasi yang baik dan pelayanan masyarakat yang optimal maka dengan sendirinya suatu saat PA Panyabungan dengan mudah mendapatkan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu tersebut, kata ketua tersebut.

Pengucapan deklarasi ini adalah kelanjutan dari telah terbentuknya TIM SAPM yang telah di SK-kan oleh Ketua PA Panyabungan dan TIM tersebut telah melaksanakan beberapa kali pertemuan yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua PA Panyabungan Munir, SH., MH. dan dari hasil kerja tim yang di SK-kan tersebut telah mendapatkan gambaran nilai administrasi yang ada di PA Panyabungan.

Suasana saat Deklarasi Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu dengan Yel-Yel :

1 ORANG            : PA PANYABUNGAN

SAMA2                : S.A.P.M

1 ORANG            : S

SAMA2                : SERTIFIKAT

1 ORANG            : A

SAMA2                : A EXELENT

1 ORANG            : P

SAMA2                : PANYABUNGAN

1 ORANG            : M

SAMA2                : MAMPU

1 ORANG            : SERTIFIKAT A EXELENT

SAMA2                : PANYABUNGAN MAMPU

INSYAALLOH.

(Untuk melihat video silah klik di sini )

Disamping mengucapkan deklarasi bersama dilanjutkan pula menandatangani deklarasi tersebut yang nantinya akan menjadi bukti yang akan dipajang di ruang pelayanan. Semoga Pengadilan Agama Panyabungan yang akan datang semakin lebih baik.

Jum’at pagi, tanggal 31 Agustus 2018 telah dilaksanakan acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan sekretaris baru di Pengadilan Agama Panyabungan Bapak Nazaruddin, S.H. yang sebelumnya bertugas di Pengadilan Agama Padang Sidempuan. Acara ini digelar di ruang sidang utama Pengadilan Agama Panyabungan dan dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Panyabungan  Bapak Drs. Abdul Hamid Lubis, M.H. Sekira pukul 10.00 WIB acara dibuka dan diawali dengan Basmalah dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya , acara pun dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan oleh Ketua Pengadilan Agama Panyabungan

Prosesi yang terdiri dari pengambilan sumpah, pelantikan hingga pengucapan ikrar Fakta Integritas ini berjalan dengan khidmat. Setelah rangkaian prosesi pelantikan sekretaris baru selesai, acara pun berlanjut dengan sepatah dua patah kata dari Ketua Pengadilan Agama Panyabungan. Dalam pesannya Ketua berharap agar rotasi jabatan ini dapat menumbuhkan semangat baru dan kreativitas baru demi kemajuan Pengadilan Agama Panyabungan kedepannya.

Pembacaan doa oleh Bapak Khoiril Anwar, S.Ag., M.H.I. menandai selesainya acara, dan diakhiri dengan Hamdalah serta pemberian ucapan selamat dari seluruh hadirin kepada pejabat yang baru dilantik.

Sebagai wujud kecintaan warga peradilan kepada bangsa dan negara Republik Indonesia dalam rangka memperingati hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia yaitu hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 73, pada hari Sabtu 17 Agustus 2018 mengambil tempat di halaman kantor Pengadilan Agama Panyabungan. diadakan upacara peringatan HUT RI yang diikuti oleh Wakil Ketua, para hakim, panitera, sekretaris, pejabat struktural, pejabat fungsional, seluruh pegawai dan para siswa-siswi yang sedang prakerin berlangsung dengan khidmat.

Upacara diawali dengan penghormatan kepada sangsaka merah putih, pembacaan proklamasi, pembacaan teks pancasila, pembukaan UUD 1945 dan dilanjutkan dengan pembacaan pidato amanat oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Panyabungan Bapak Munir, SH., MH yang bertindak sebagai pembina upacara dan diakhiri dengan do’a.

Rabu, 11 Juli 2018, Pengadilan Agama Panyabungan melaksanaan Sita Jaminan (Conservatoir Beslaag) Berdasarkan Putusan Sela Majelis Hakim Pengadilan Agama Panyabungan Nomor : 109/Pdt.G/2018/PA.Pyb tanggal 05 Juni 2018 . Tim Pelaksanaan Sita Jaminan tersebut dipimpin oleh Jurusita Pengganti Pengadilan Agama Panyabungan Rudi Sofyan, SHI., MH berdasarkan Surat Penugasan Panitera Pengadilan Agama Panyungan Nomor : 109/Pdt.G/2018/PA.Pyb tanggal 26 Juni 2018. Jurusita Pengganti di dampingi oleh dua orang saksi masing-masing Saksi I Rivi Hamdani Lubis, SHI, Saksi II Humala Pontas, SHI dibantu oleh Kepala Desa Muaramais Jambur dan Pengamanan dari Kepolisian Sektor Kotanopan serta Unsur unsur terkait atas objek sengketa dalam perkara perdata kewarisan, dimana wilayah hukum dari objek sengketa tersebut berada di Desa Muaramais Jambur Kecamatan Tambangan Kabupaten Mandailing Natal yang merupakan wilayah hukum Pengadilan Agama Panyabungan.

Sebelum melaksanakan Sita Jaminan di Kantor Kepala Desa Muaramais Jambur, Jurusita Pengganti membacakan Putusan Sela sekaligus menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan Tim Sita Jaminan tersebut.

Bank Mandiri Syariah Cabang Panyabungan melakukan sosialisasi di Pengadilan Agama Panyabungan bertempat di ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Panyabungan  pada hari Jum’at (18/05/2018) yang langsung disambut baik oleh ketua Pengadilan Agama Panyabungan Bapak Drs. Abdul Hamid Lubis, MH bersama seluruh Pegawai Pengadilan Agama Panyabungan.Bank Syariah Mandiri dalam sosialisasinya menjelaskan produk produk unggulan meraka sebagai bahan pertimbangan kerjasama antara Pengadilan Agama Panyabungan dengan Bank Syariah Mandiri cabang Panyabungan

Selanjutnya, dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bank Mandiri Syariah dan Pengadilan Agama Panyabungan, sebagai bentuk payung hukum kerjasama antara dua instansi tersebut.

Acara kemudian di akhiri dengan foto bersama unsur terkait antara Pengadilan Agama Panyabungan dan Bank Syariah Mandiri cabang Panyabungan.

  • 997-uc-selamat1.jpg
  • 998-uc-duk1.jpg
  • 999-uc-purn1.jpg